Berlangganan untuk Update Gratis!

Nantikan Update terbaru dari Cmus Palu :)

Sunday 4 August 2013

Florence Nightingale,Sang Wanita pembawa Lampu

Catatan-muflih.blogspot.com~Florence Nightingale begitulah ia dipanggil. Ia adalah seorang perawat yang lahir pada tanggal 12 Mei 1820 di Firenze,Italia. Dan meninggal di London, Inggris pada tanggal 13 Agustus 1910 (90 tahun). Florence Nightingale mengupayakan agar terjadi perubahan besar dalam praktek-praktek keperawatan, sanitasi di rumah sakit, dan puskesmas pada abad ke-19. Pada saat perang berkecamuk di Krimea, Florence mendaftarkan dirinya menjadi sukarelawati dan bekerja sama bersama 38 perawat lainnya dalam pertempuran itu.

Sebenarnya apa sih yang membuat sosok Florence terkenal? Menurut Sumber sejarah yang ada,dikatakan bahwa ia dikenang atas jasanya dalam mengumpulkan korban perang tanpa kenal takut pada saat perang di Krimea, Rusia. Florence Nightingale juga dikenal sebagai "Wanita Pembawa lampu" karena ia selalu membawa lampu (lilin) tiap malam saat menelusuri lorong-lorong rumah sakit untuk memeriksa pasien-pasiennya.Dan ia juga tak segan untuk merawat pasukan musuh yang terluka.


Florence Nightingale juga sering mengangkat perkara kedisiplinan dan kebersihan di rumah-rumah sakit yang dikelolanya untuk mengurangi korban meninggal. Ketika ia kembali ke Inggris, orang-orang Inggris mengumpulkan dana yang banyak sekali,sekitar ₤ 45.000 sebagai rasa terima kasih warga Inggris atas banyaknya nyawa yang tertolong berkat jasa Florence Nightingale.


Uang tersebut digunakan oleh Florence Nightingale untuk mendirikan sekolah perawat khusus wanita pertama, mengingat pada masa sebelumnya perawat dipandang sebagai berikut:

  •  Perawat disamakan dengan wanita tuna susila atau "buntut" (keluarga tentara yang miskin) yang mengikuti kemana tentara pergi.
  • Profesi perawat banyak berhadapan langsung dengan tubuh dalam keadaan terbuka, sehingga dianggap profesi ini bukan profesi sopan wanita baik-baik dan banyak pasien memperlakukan wanita tidak berpendidikan yang berada di rumah sakit dengan tidak senonoh
  • Perawat di Inggris pada masa itu lebih banyak laki-laki daripada perempuan karena alasan-alasan tersebut di atas.
  • Perawat masa itu lebih sering berfungsi sebagai tukang masak.

-Florence Nightingale meninggal dunia pada tanggal 13 Agustus 1910 di usia 90 tahun. Kini ia dimakamkan di Gereja St. Margaret yang terletak di East Wellow, Hampshire, Inggris.

2 Penghargaan besar yang pernah ia raih atas jasanya adalah : 


  • Bintang Jasa The Order of Merit (1907) oleh Raja Inggris saat ia berusia 87 tahun. Ia menjadi wanita pertama yang mendapatkan penghargaan bintang jasa ini. 
  • Honorary Freedom of the City dari Kota London (1908)


Pada jam-jam penuh penderitaan itu, datanglah bidadari berlampu untukku
                                                                        - Hanry Longfellow,1857-
                                                                         

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: CMuS Palu

0 komentar:

Post a Comment

Aturan saat berkomentar:
Komentar anda merupakan acuan bagi blog kami.Untuk itu mari berkomentar secara sehat dan pastikan komentar anda tak membuat orang lain terganggu.
-Admin CMuS Palu-