Berlangganan untuk Update Gratis!

Nantikan Update terbaru dari Cmus Palu :)

Friday 15 November 2013

Siapakah yang salah,guru atau murid?

Catatan Muflih untuk Semua~Tadi,sepulang sekolah saya merenungi perkataan seorang teman yang sudah lama ia ucapkan namun kini terlontar di benakku.Perkataan itu berbunyi :
"Buat apa saya menghormati guru kalau gurunya tidak menghormati saya?".Nah,disini saya mulai
menyerap,apa sebenarnya yang terjadi.

Apakah gurunya yang salah,ataukah muridnya?
 Penyebab:
  • hmm,kalau dipikir-pikir emang,muridnya memang kurang ajar,sampai lantang mengatakan hal itu kepada gurunya sendiri.Namun,kalau ia sampai berani berkata begitu,pasti ada hal yang sangat menjengkelkan baginya.Terlepas dari itu semua,saya pun kembali berjalan pulang dengan termenung,dan melihat seorang murid yang salam kepada seorang guru dan guru tersebut tak menghiraukannya,padahal guru itulah yang mengajarkan salam.Apakah gurunya sibuk atau ada hal lain.Hmm,mungkin ini penyebabnya,adanya rasa kekecewaan murid akibat ditelentarkan.

  • Ada juga yang membuat saya heran,perhatian guru rata-rata hanya tertuju pada seorang atau 2 orang murid.Nah,murid-murid inilah yang sangat diistimewakan oleh guru tersebut.Lagi-lagi mungkin inilah salah satu penyebabnya.Adanya ketidaksamaan hak yang seharusnya murid dapatkan.

Saya selaku murid tak merasa enak menyalahkan guru yang telah mengajar saya apalagi teman-teman saya yang telah bersama-sama merasakan duka cita.Jadi siapa yang salah?Hmm,sulit untuk menyatakan siapa yang salah.Dari 2 point di atas,saya mengerti mengapa banyak murid menjadi nakal,karena tidak adanya perlakuan yang sama,mereka melakukannya untuk melampiaskan kekecewaannya dan ingin diperhatikan oleh gurunya sendiri walaupun berat sanksi yang harus mereka dapatkan.
 Penyelesaian:
  Namun,terlepas dari itu semua murid hanya ingin diperhatikan dan dilindungi,karena sebaik-baiknya murid adalah cerminan gurunya.Untuk itu guru dan murid harus membangun komunikasi yang baik,sebaiknya sekolah mengundang beberapa murid dan mereka diminta memberitahukan kondisi siswa agar  tidak terjadi kesalah pahaman.

 Murid juga seharusnya mengerti kesibukan guru dan menghargai gurunya,dan jika ingin diperhatikan oleh guru,maka berprestasilah jangan berbuat onar karena guru juga pasti sedih melihat muridnya berkelakuan buruk.

Guru juga sebaiknya jangan menyiksa muridnya dengan terlalu (secara fisik) beri mereka yang bersalah pengertian secara rohani dan pastikan mereka untuk tak berbuat lagi,Tegas kadang tak dibutuhkan oleh murid,kasih sayang ialah yang dibutuhkan oleh murid.
Sebaik-baik guru ialah guru yang mengerti muridnya,maka sebaik-baiknya murid ialah murid yang mengerti gurunya.
              ~ MMG~


Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: CMuS Palu

0 komentar:

Post a Comment

Aturan saat berkomentar:
Komentar anda merupakan acuan bagi blog kami.Untuk itu mari berkomentar secara sehat dan pastikan komentar anda tak membuat orang lain terganggu.
-Admin CMuS Palu-