Berlangganan untuk Update Gratis!

Nantikan Update terbaru dari Cmus Palu :)

Monday 27 August 2012

Indricotherium,mamalia darat terbesar di Dunia

Saat membaca judul postingan di atas pasti heran,kan?Bukannya seharusnya mamalia darat terbesar di darat seharusnya gajah,iyakan?Namun ternyata mamalia terbesar sudah ada sebelum masa Dinosaurus menjadi "penguasa" di Bumi ini,lho....Kali ini,saya akan membahasnya dalam bentuk yang ringan  agar mudah di cerna,ok?Selamat membaca..and jangan lupa komentar,ya....
  • Indricotherium adalah mamalia terbesar di darat yang hidup sebelum masa Dinosaurus,dan memiliki panjang sekitar 8.2 m dan memiliki tinggi 5.2 m dan memiliki berat 15 ton.
  • Indricotherium hidup pada jaman akhir oligocene dan awal miocene pada periode tertiary.(37 sampai 32 juta tahun yang lalu)
  •  Hewan ini dinamai sama dengan Legenda rakyat Rusia "Indrik" (Ayah dari semua hewan)
  • Hewan ini pertama kali ditemukan di Provinsi Baluchistan di Pakistan.
  • Paracetharium dan Balucotharium adalah nama lain untuk Indricotherium.Namun,masih ada perdebatan tentang hal ini.Ada ketidaksetujuan berkaitan dengan genus di tingkat taksonomi.
  • Paraceratherium pertamakali di jelaskan oleh Forster Cooper pada tahun 1911.Genus dari Balucotherium pertamakali dijelaskan oleh Forster Cooper pada tahun 1913.Genus dari Indricotherium pertamakali dijelaskan oleh Professor Borissiak pada tahun 1915.
  • Mungkin,Paraceratherium,Balucotherium,dan Indricotherium merupakan genus yang berbeda.Namun jika mereka adalah genus yang sama,maka Indricotherium akan menjadi sinonim junior Paraceratherium,karena menurut prinsip prioritas klasifikasi ilmiah,publikasi pertama,dan karena namanya yang tertua,Sehingga menjadi prioritas dan paraceratherium menjadi nama yang mendahului nama yang lain.
  • Untuk penemuannya di Rusia,Penemunya adalah seorang anak laki-laki Penggembala Domba,di Kazakhstan,Asia Tengah.Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia mendapatkan kiriman fosil tulang besar yang ditemukan oleh anak laki-laki tersebut pada tahun 1912 di St.Petersbug,Ibukota Rusia.
  • Dan dikirimlah Tim Penggali  yang berjumlah 5 orang  yang diketuai oleh Profesor Gailit.Tim ini berangkat setahun kemudian setelah kiriman fosil besar tersebut di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.
  • Rencana Penggalian awal tempat contoh ditemukannya fosil tersebut berada di sungai jilantik,tetapi karena berbagi pertimbangan akhirnya tempatnya di pindahkan di danau Thelkar Theniz,karena menurut sang professor lebih mudah menemukan fosil di danau Thelkar Teniz daripada di sungai Jilantik.
  • Saat Tim penggalian berhasil menemukan fosil di danau Thelkar Teniz,Rusia banyak yang mengira kalau fosil yang mereka temukan itu adalah fosil Dinosaurus karena fosil yang mereka temukan itu berukuran sangat besar.Sang Profesor berkata kalau fosil yang mereka temukan itu adalah fosil hewan mamalia.Pernyataan sang Profesor ini membuat banyak anggota akedemi ilmu pengetahuan Rusia menjadi marah dan menentang pernyataan sang professor tersebut.Sehingga Profesor Gailit memutuskan untuk keluar dari Akedemi Ilmu Pengetahuan....
  • Setelah Profesor Gailit memutuskan untuk mengundurkan diri dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia,ia memutuskan untuk memasukkan fosil yang ditemukannya di Kazakhstan ke dalam peti kayu di sebuah gudang.
  • Setelah 5 tahun kemudian peti kayu tersebut mulai kembali dibuka oleh Profesor Borissiak pada tahun 1918.Lalu beliau melakukan penelitian lebih lanjut tentang fosil yang ditemukan oleh profesor Gailit yang dikira fosil Mammoth oleh para anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.
  • Fosil tersebut dikeluarkan dari peti kayu dan dibersihkan dari batu karang yang menyelimutinya.Setelah proses pembersihan dilakukan,maka terlihat dengan jelas fosil tulang kepala seperti gambar di samping ini.
  • hmm,Kalau diperhatikan baik-baik bentuk kepala dan urutan giginya mirip dengan badak,lho...
  • Fungsi dari Badannya yang besar itu adalah untuk melindungi dirinya dari musuhnya,lho...
Hmm,untuk sementara ini infonya cukup itu saja untuk sementara ini,ya....ok? Sumber:Komik aku tahu :Dinosaurus menghilang dan Wikipedia.




Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: CMuS Palu

3 komentar:

  1. yang benar adalah indricoterium itu muncul setelah dinosaurus punah dan menjadi salah satu mamalia terbesar dizaman nya dan tidak ada mamalia yang bisa menandingi nya lagi dan dia dekat dengan keluarga badak lho dan mengalahkan ukuran gajah purba yang juga hidup di zaman nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,merujuk pada berbagai buku sejarah yang saya punya dikatakan secara tertulis bahwa Indricotherium muncul sebelum Dinosaurus ada.Yup,memang Indricotherium dekat dengan keluarga badak.Namun,saat ia ditemukan dan tulangnya telah disusun,Ilmuwan pada saat itu masih berdebat sebenarnya hewan ini mirip apa sih,ada yang bilang kuda nil,gajah,......,dan akhirnya muncullah spekulasi Badak dan setelah diteliti memang lebih mirip badak.Thank's ya udah berkomentar.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Aturan saat berkomentar:
Komentar anda merupakan acuan bagi blog kami.Untuk itu mari berkomentar secara sehat dan pastikan komentar anda tak membuat orang lain terganggu.
-Admin CMuS Palu-