Berlangganan untuk Update Gratis!

Nantikan Update terbaru dari Cmus Palu :)

Sunday 4 August 2013

Gen Nabi Adam dan Siti Hawa terungkap!


Catatan-muflih.blogspot.com~Wah,wah,ada kabar menghebohkan berasal dari Afrika.Pasalnya tim peneliti yang berasal dari University of California mengungkapkan bahwa manusia pertama berasal dari kawasan Afrika Timur sekitar 135 ribu tahun yang lalu.

Sebelumnya mereka beranggapan bahwa nenek moyang manusia laki-laki pertama telah ada pada 50.000-60.000 tahun silam.Namun,dengan adanya penelitian baru-baru ini pernyataan tersebut diralat seperti yang dilansir dari livescience,minggu,4 Juli 2013 menjadi  60.000-200.000 tahun silam.Namun,hal ini belum terlalu jelas,masih kabur.


Yang menarik dari penelitian ini adalah seorang ahli genetika yang berasal dari University of California menyebutkan bahwa kedua orang  yaitu nenek moyang laki-laki dan perempuan berada saling berjauhan dan tidak tinggal di lokasi yang sama."Dua orang itu tidak mengenal satu sama lain",ungkap Melissa Wilson Sayres.

Pelacakan yang dilakukan oleh tim peneliti guna melacak garis keturunan nenek moyang laki-laki pertama,diperuntukkan ke pelacakan kromosom Y.Mengapa?Karena  Kromosom Y ini,diturunkan dari ayah ke anak. Kromosom inilah yang dapat melacak garis keturunan laki-laki di dunia ke ayahnya yang tunggal.Berbeda dengan perempuan yang hanya bisa dilacak dengan struktur DNA yang diturunkan kepada anaknya.DNA ini bersembunyi dalam sel telur.

Ahli Genetik Stanford University,Carlos Bustamante menjelaskan kromosom laki-laki berkembang secara campur aduk bersama dengan bentangan DNA.Hasilnya,terjadi potongan fragmen DNA dari urutan gen.Kondisi seperti inilah yang menghambat analisa.Karena itulah mengapa Carlos dan koleganya mengumpulkan potongan gen yang lebih besar dengan mengurutkan seluruh genom kromosom Y 69 laki-laki dari 7 populasi besar mendunia seperti San Brushman,Afrika sampai Populasi Yakult yang berada di Siberia.

Asumsi tingkat migrasi menyebabkan tim peneliti menyimpulkan bahwa semua laki-laki dalam sampel global memiliki nenek moyang tunggal di Afrika sekitar 125.000-156.000 tahun silam. Selain itu, Mitokondria DNA laki-laki serta sampel serupa yang diambil dari 24 perempuan mengungkapkan,bahwa semua perempuan di Bumi kembali kepada Mitokondria nenek moyang perempuan pertama,yang tinggal di Afrika sekitar 99.000-148.000 tahun silam.Jika dilihat dari tahun Kromosom Y nenek moyang laki-laki terbentuk,dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan keduanya masih hidup pada waktu yang hampir sama.

Adapun versi lainnya yang disampaikan oleh Michael Hammer, ahli evolusi genetik Universitas Arizona. Dalam studi terpisah,Hammer menemukan bahwa laki-laki memiliki nenek moyang yang sama hidup pada tahun 180.000-200.000 tahun silam.

Pada Bulan Maret lalu,Michael bersama timnya menemukan beberapa laki-laki di Afrika memiliki Kromosom Y yang unik dan berbeda.Jejak gen yang ditemukan saat itu menunjukkan kalau nenek moyang laki-laki hidup pada tahun 237.000-581.000 tahun silam.



Kalau kita merujuk pada pandangan Agama-agama Samawi,rata-rata menyampaikan di dalam Kitab Suci masing-masingnya bahwa nenek moyang pertama manusia adalah Adam dan Hawa.Agama Islam juga dalam Kitab Sucinya,Al-Qur'an,menyebutkan bahwa Allah SWT menurunkan Adam dan Hawa di kedua tempat yang berbeda di Bumi.Adam diturunkan di Daratan Hindustan (India) dan Hawa diturunkan Allah SWT di Jeddah,yang terletak di Jazirah Arabia.Mereka (Adam & Hawa) dipertemukan kembali oleh Allah setelah 40 tahun tak bertemu.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: CMuS Palu

2 komentar:

  1. Wah,Subhanallah,Allah memang sebaik-baiknya pecipta... (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah,sebenarnya masih banyak Mukjizat-Mukjizat Allah di sekeliling kita.Nanti lain kali akan saya post,Insya Allah.Mampir lagi,ya gan :))

      Delete

Aturan saat berkomentar:
Komentar anda merupakan acuan bagi blog kami.Untuk itu mari berkomentar secara sehat dan pastikan komentar anda tak membuat orang lain terganggu.
-Admin CMuS Palu-