Berlangganan untuk Update Gratis!

Nantikan Update terbaru dari Cmus Palu :)

Thursday 31 October 2013

Pengertian dan Ciri-Ciri kepribadian ganda pada seorang individu

Catatan Muflih untuk Semua~Bismillahirrahmanirrahim,Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....Artikel ini merupakan artikel dari blog saya yang lain di Education Shine
Hmm,kepribadian ganda?Apa sih itu kepribadian ganda?
Apa sih ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian ganda?
Nah,kali ini saya akan mencoba membahas sekaligus menjawab kedua pertanyaan di atas yuk,simak baik-baik artikel ini agar pengetahuan dan wawasan teman-teman bertambah!Selamat membaca!



Apa sih itu Kepribadian Ganda?

Kepribadian ganda atau yang biasa disebut dengan alter ego (bahasa latinnya "aku yang lain") merupakan suatu keadaan dimana kepribadian seorang individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain.Dengan kata lain,bahwa seorang individu yang menderita kepribadian ganda memiliki pribadi lebih dari satu ataupun memiliki 2 pribadi sekaligus.

Kadang, si penderita tidak tahu bahwa ia memiliki kepribadian ganda, dua pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal dan lebih parah lagi kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya.

Namun,ada kasus penyembuhan diamana 2 pribadi ini saling mengenal dan mereka melakukan Sinkornasi (menyelaraskan pola pikir,sifat,dan tujuan mereka dalam melakukan suatu hal).Tapi,biasanya mereka mengadakan perjanjian dan syarat tertentu yang telah disepakati terlebih dahulu sebelum mereka melakukan Sinkornasi.

Penderita yang telah melakukan Sinkornasi akan terlihat layaknya manusia normal dan memiliki banyak keahlian.Hal ini terjadi dikarenakan kepribadian si penderita yang lain mempunyai sifat dan keahlian tersendiri,sehingga ketika si kepribadian asli tidak bisa melakukan sesuatu hal yang bisa dilakukan kepribadian lainnya,Ia akan bertukar dengan kepribadian yang ahli dalam hal itu untuk diandalkan dalam menyelesaikan hal tersebut.
                                         
                              Apa sih ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian ganda?

 Ada banyak ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian ganda,namun yang paling umum ada 5.Yaitu:

  • Pengidapnya memiliki dua atau lebih identitas atau kesadaran yang berbeda.
  • Kepribadian ini secara berulang mengambil alih perilaku orang tersebut atau disebut dengan Switching.
  • Gangguan-gangguan yang terjadi pada pengidapnya tidak disebabkan karena efek psikologis dari substansi,seperti alkohol ,obat-obatan,atau karena kondisi media seperti demam.
  • Pengidapnya memiliki ketidakmampuan untuk mengingat informasi penting yang berhubungan dengan dirinya.
  • Rata-rata pengidap Kepribadian ganda /DID (Dissociative Identitiy Disorder) 98% mengalami amnesia. 
Terdapat banyak sekali kasus kepribadian ganda,salah saunya yang dialami oleh Shirley Ardell Marson.Ia diketahui memiliki 16 kepribadian yang berbeda,yaitu: Clara, Helen, Marcia, Marjorie, Mary, Mike (laki-laki), Nancy Lou Ann Baldwin, Peggy Ann Baldwin, Peggy Lou Baldwin, Ruthie, Sid (laki-laki), Sybil Ann, Sybil Isabel Dorsett, Vanessa Gaile, Victoria Antoniette Shcarleu (Vicky) dan kepribadian terakhir yang tak diketahui namanya.

Cornelia Wilbur,psikolog yang memeriksanya mengatakan ,"16 identitas ganda yang dimiliki oleh Shirley berasal dari trauma masa kecilnya akibat sering disiksa oleh ibunya."Kisahnya diceritakan oleh Cornelia Wilbur dan dijadikan buku pada tahun 1973 dan menjadi Best Seller.Di dalam buku itu,nama Shirley Ardell Marson disamarkan menjadi Sybil Isabel Doursett guna menyembunyikan identitasnya.

Hal ini berarti bahwa,proses disoisasi pada anak yang mengarah kepada kelainan DID/Kepribadian ganda teridiri dari 2 proses psikologis.Contohnya pelecehan sexual yang dialami oleh seorang anak perempuan,seperti yang disampaikan oleh Collin Rose penulis buku The Osiris Complex.
                                                        

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: CMuS Palu

5 komentar:

  1. thanks gan, ane lagi pusing ngerjain tugas, lagi bnyak masalah juga, pas visit blog ini tiba2 ada backsound dari gigi.. :)) thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan :3 ane sengaja naruh biar visitor ane pada tobat semua :v

      Delete
    2. Pengertian Dan Ciri-Ciri Kepribadian Ganda Pada Seorang Individu >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Pengertian Dan Ciri-Ciri Kepribadian Ganda Pada Seorang Individu >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Pengertian Dan Ciri-Ciri Kepribadian Ganda Pada Seorang Individu >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK Ts

      Delete
  2. nice postingan gan, sukses selalu yah ^^

    ReplyDelete
  3. Pengertian Dan Ciri-Ciri Kepribadian Ganda Pada Seorang Individu >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Dan Ciri-Ciri Kepribadian Ganda Pada Seorang Individu >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Dan Ciri-Ciri Kepribadian Ganda Pada Seorang Individu >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Aturan saat berkomentar:
Komentar anda merupakan acuan bagi blog kami.Untuk itu mari berkomentar secara sehat dan pastikan komentar anda tak membuat orang lain terganggu.
-Admin CMuS Palu-