Berlangganan untuk Update Gratis!

Nantikan Update terbaru dari Cmus Palu :)

Sunday 13 April 2014

Mengintip Kemewahan dan Kecanggihan Pesawat Kepresidenan RI

CMuS Palu~Baru-baru ini sebuah Pesawat berjenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma,Jakarta Timur.Pesawat yang mendarat pada hari Kamis tanggal 10/04-2014 ini berlatarkan warna dominan biru muda-putih dan bertuliskan "Republik Indonesia" di badan Pesawatnya sehingga menambah keanggunan serta kejelasan identitas yang dimiliki Pesawat tersebut.

Yup,Pesawat yang saya maksudkan ini adalah Pesawat Khusus Kepresidenan Republik Indonesia.Nah,berikut Spesifikasinya :


                                                      Spesifikasi Pesawat Kepresidenan RI

  • Harga Pesawat : Rp,847.000.000.000
  • Jenis Pesawat : Boeing Business Jet 2 (BBJ2)
  • Daya tampung Maksimal : 70 Penumpang
  • Jarak terbang maksimal : 10.334 kilometer selama 10-12 jam
  • Kecepatan maksimal : 871 kilometer /jam
  • Panjang : 39,5 meter.
  • Rentang sayap : 35,8 meter
  • Tinggi : 12,5 meter
  • Ketinggian terbang maksimum : 41.000 kaki atau sekitar 12.300 meter
                                                      Interior Pesawat Kepresidenan RI
Interior Pesawat BBJ2,Pesawat Khusus Kepresidenan RI
Interior Pesawat BBJ2,Pesawat Khusus Kepresidenan RI
Untuk urusan interiornya,Pesawat BBJ2 ini dirancang untuk menampung 4 ruang VVIP Class Meeting Room,2 ruang VVIP Class State Room,12 Executive Area,dan 44 Staff Area.Dan juga,Pesawat ini dapat mengakomodasi sekitar 67 orang,jumlah tersebut diperkirakan sudah cukup untuk sebuah rombongan Presiden.

Ruang Interior yang dimiliki oleh BBJ2 berukuran 25% lebih lebar dibanding versi biasa.Hal ini dikarenakan panjang pesawat di-stretch 19,2 feet atau sekitar 5,7 meter lebih panjang.

                                                                         Kokpit
Kokpit Pesawat Khusus Kepresidenan RI
Kokpit Pesawat Khusus Kepresidenan RI
Kokpit Pesawat Khusus Kepresidenan RI ini dilengkapi dengan sistem avionik canggih seperti double FMS (Flight Management System), sistem komunikasi Rockwell Collins Series 900 VHF comm/Nav ganda dengan DME (Distance Measuring Equipment), HF comms, ADF (Automatic Direction Finder), GPS (Global Positioning System), MLS (Microwave Landing System) serta radar cuaca tipe WXR-700X.

-=Sistem Keamanan=-
Mengintip Kemewahan Pesawat Kepresidenan RI
Nampak salah satu ruangan di dalam Pesawat Khusus ini


Pesawat kepresidenan RI ini juga memiliki sistem keamanan dan komunikasi yang canggih.Meskipun tidak dijelaskan secara spesifik,namun Pesawat RI-1 ini dilengkapi dengan sensor dan radar warning untuk mendeteksi ancaman rudal yang mendekat.Memang, pesawat ini tidak dilengkapi dengan kemampuan antirudal,tapi setidaknya pilot dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk menghindarkan pesawat dari ancaman yang ada.

Kemampuan Terbang



Pesawat ini ditenagai dua mesin turbofan General Electric/Snecma (CFMI) CFM56-7 yang masing-masing memiliki power 27.300 lbs dan mampu membuat pesawat terbang sejauh 10.334 kilometer atau sekitar 12 jam. Kemampuan ini didapat berkat adanya 9 tangki bahan bakar tambahan yang memuat total 39.554 liter avtur.

BBJ2 mampu terbang dengan ketinggian maksimal 41.000 feet, mampu terbang selama 10 jam, memiliki kecepatan jelajah maksimum 0,785 mach dan kecepatan maksimum 0,85 mach. Pesawat juga dilengkapi dengan perangkat keamanan dan tangki bahan bakar telah ditambah untuk daya jangkau sampai dengan 10.000 kilometer.

Dengan kemampuan terbang yang dimiliki pesawat ini,dinilai cukup untuk membawa Presiden dan rombongannya menjelajah Indonesia dan mengunjungi Negara Sahabat...

-=Foto Interior dalam Pesawat Kepresidenan RI=-








Sumber : 














Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: CMuS Palu

4 komentar:

Aturan saat berkomentar:
Komentar anda merupakan acuan bagi blog kami.Untuk itu mari berkomentar secara sehat dan pastikan komentar anda tak membuat orang lain terganggu.
-Admin CMuS Palu-